Membaca Spesifikasi Oli

Cara Membaca Spesifikasi Oli pada botol Oli anda

Apa yang tertulis di botol Oli Anda, dan apa artinya?

Posting ini mungkin tampak seperti kembali ke dasar-dasar tetapi saya terus-menerus terkejut dengan jumlah orang yang tidak tahu, atau mengerti, apa yang tertulis di sebotol minyak, dan karena itu tidak tahu apa yang mereka beli / gunakan.

Untuk menjadi tumpul tentang subjek, jika sebotol minyak tidak mengandung informasi dasar berikut, maka JANGAN membelinya! Carilah sesuatu yang bisa!

1) Tujuan yang dimaksudkan (yaitu oli motor, oli roda gigi dll)

2) Viskositas (yaitu 10w40, 5w30 dll untuk oli Motor dan 80w90, 75w90, dll untuk oli roda gigi)

3) Spesifikasi yang ditemuinya (harus berisi peringkat API dan ACEA)

4) Persetujuan OEM yang dibawanya dan kode (mis. MB229.3, VW503.00, BMW LL01, dll)

Abaikan uraian pemasaran pada label – dalam banyak kasus itu tidak berarti dan saya akan menjelaskan nanti pernyataan apa yang harus Anda perlakukan dengan skeptis.

Jadi, apa arti informasi di atas dan mengapa itu penting?

DASAR

Semua minyak dimaksudkan untuk aplikasi dan secara umum tidak dapat dipertukarkan. Anda tidak akan misalnya menempatkan Automatic Transmission Oil atau Gear Oil di mesin Anda! Sangat penting untuk mengetahui apa tujuan dari minyak yang dimaksud.

VISCOSITY

Sebagian besar minyak di rak saat ini adalah “Multigrades”, yang berarti bahwa minyak jatuh ke dalam 2 nilai viskositas (yaitu 10w-40 dll)

Multigrades pertama kali dikembangkan sekitar 50 tahun yang lalu untuk menghindari rutinitas lama menggunakan minyak yang lebih tipis di musim dingin dan minyak yang lebih tebal di musim panas.

Dalam 10w-40 misalnya 10w bit (W = musim dingin, bukan berat atau watt atau apa pun dalam hal ini) berarti bahwa minyak harus memiliki viskositas / aliran maksimum tertentu pada suhu rendah. Semakin rendah angka “W”, semakin baik suhu dingin / kinerja start dingin minyak.

Angka 40 dalam 10w-40 hanya berarti bahwa minyak harus jatuh dalam batas viskositas tertentu pada 100 ° C. Ini adalah batas tetap dan semua minyak yang berakhir pada 40 harus mencapai batas ini. Sekali lagi semakin rendah angkanya, semakin tipis oli: 30 oli lebih tipis dari 40 oli pada 100 o C, dll. Buku pegangan Anda akan menentukan apakah diperlukan 30, 40 atau 50 dst.

SPESIFIKASI

Spesifikasi penting karena ini menunjukkan kinerja minyak dan apakah mereka telah memenuhi atau lulus tes terbaru, atau apakah formulasi secara efektif sudah usang atau ketinggalan zaman. Ada dua spesifikasi yang harus Anda cari pada setiap botol minyak dan ini adalah API (American Petroleum Institute) dan ACEA (Asosiasi des Constructeurs Europeens d’Automobiles) semua minyak yang baik harus mengandung keduanya, dan pemahaman tentang apa yang mereka maksudkan adalah penting.

API

Ini lebih mendasar karena dibagi (untuk mobil penumpang) menjadi dua kategori. S = Petrol dan C = Diesel, sebagian besar minyak membawa spesifikasi bensin (S) dan diesel (C).

Tabel berikut menunjukkan bagaimana up to date spesifikasi minyak adalah:

BENSIN

SG – Diperkenalkan tahun 1989 – memiliki dispersant yang jauh lebih aktif untuk memerangi black sludge.

SH – Diperkenalkan 1993 – memiliki tes mesin yang sama dengan SG, tetapi mencakup batas fosfor 0,12%, bersama dengan kontrol busa, volatilitas dan stabilitas geser.

SJ – Diperkenalkan tahun 1996 – memiliki pengujian mesin yang sama dengan SG / SH, tetapi batas fosfor 0,10% bersama dengan variasi pada batas volatilitas

SL – Diperkenalkan 2001 – semua tes mesin baru mencerminkan desain mesin modern yang memenuhi standar emisi saat ini

SM – Diperkenalkan November 2004 – peningkatan ketahanan oksidasi, perlindungan deposit dan perlindungan keausan, juga kinerja suhu rendah yang lebih baik selama masa pakai minyak dibandingkan dengan kategori sebelumnya.

catatan:

Semua spesifikasi sebelum SL sekarang sudah usang dan, meskipun cocok untuk beberapa kendaraan yang lebih tua, berusia lebih dari 10 tahun, dan tidak memberikan tingkat kinerja atau perlindungan yang sama seperti spesifikasi SL dan SM yang lebih baru.

DIESEL

CD – Diperkenalkan 1955 – standar internasional untuk oli mesin turbo diesel selama bertahun-tahun, hanya menggunakan mesin uji silinder tunggal

CE – Diperkenalkan 1984 – peningkatan kontrol konsumsi minyak, penebalan minyak, deposit dan keausan piston, menggunakan mesin uji multi-silinder tambahan

CF4 – Diperkenalkan 1990 – perbaikan lebih lanjut dalam pengendalian konsumsi minyak dan deposit piston, menggunakan mesin uji emisi rendah

CF – Memperkenalkan 1994 – versi modern dari CD, beralih ke mesin uji emisi rendah silinder tunggal. Ditujukan untuk mesin injeksi tidak langsung tertentu

CF2 – Introduced 1994 – mendefinisikan kontrol efektif dari endapan silinder dan ring face scuffing, yang ditujukan untuk mesin diesel 2 langkah

CG4 – Diperkenalkan 1994 – pengembangan CF4 memberikan peningkatan kontrol dari deposit, keausan, stabilitas oksidasi dan entrainment jelaga. Menggunakan bahan bakar diesel sulfur rendah dalam tes mesin

CH4 – Diperkenalkan 1998 – pengembangan CG4, memberikan perbaikan lebih lanjut dalam pengendalian jelaga terkait dan deposito piston, menggunakan program uji mesin yang lebih komprehensif untuk memasukkan bahan bakar sulfur rendah dan tinggi.

CI4 Diperkenalkan 2002 – dikembangkan untuk memenuhi standar emisi 2004resirkulasi gas buang) sistem dipasang dan dengan bahan bakar mengandung hingga 0,5% sulfur. Dapat digunakan di mana minyak API CD, CE, CF4, CG4 dan CH4 ditetapkan.

catatan:

Semua spesifikasi sebelum CH4 sekarang sudah usang dan, meskipun cocok untuk beberapa kendaraan yang lebih tua, berusia lebih dari 10 tahun dan tidak memberikan tingkat kinerja atau perlindungan yang sama dengan spesifikasi CH4 & CI4 yang lebih baru.

Jika Anda ingin lebih baik spesifikasi minyak up to date maka carilah SL, SM, CH4, CI4

ACEA

Ini adalah API setara Eropa (AS) dan lebih spesifik dalam apa kinerja minyak sebenarnya. A = Bensin, B = Diesel dan C = Katalis kompatibel atau rendah SAPS (Ash Sulfat, Fosfor dan Belerang).

Tidak seperti API, spesifikasi ACEA dibagi menjadi kategori kinerja / aplikasi sebagai berikut:

Bahan bakar ekonomi bensin A1
A2 Tingkat kinerja standar (kini sudah tidak berlaku lagi)
A3 Performa tinggi dan / atau drain yang diperpanjang
A4 Dicadangkan untuk penggunaan di masa depan dalam mesin injeksi langsung tertentu
A5 Menggabungkan ekonomi bahan bakar A1 dengan kinerja A3

B1 Fuel economy diesel
Tingkat kinerja standar B2 (kini sudah tidak berlaku lagi)
B3 Performa tinggi dan / atau drain yang diperpanjang
B4 Untuk mesin diesel mobil injeksi langsung
B5 Menggabungkan ekonomi bahan bakar B1 dengan kinerja B3 / B4

C1-04 Bensin dan mesin Diesel tugas ringan, berdasarkan A5 / B5-04 SAPS rendah, dua cara katalis yang kompatibel.
C2-04 Bensin dan mesin Diesel tugas ringan, berdasarkan A5 / B5-04 SAPS tengah, dua cara katalis yang kompatibel.
C3-04 Bensin dan mesin Diesel tugas ringan, berdasarkan A5 / B5-04 SAPS tengah, dua cara katalis yang kompatibel, tingkat kinerja yang lebih tinggi karena HTHS lebih tinggi.

Catatan: SAPS = Ash Sulphated, Phosphorous and Sulphur.

Sederhananya, A3 / B3, A5 / B5 dan C3 minyak adalah kualitas yang lebih baik, tinggal di minyak kinerja kelas.

PERSETUJUAN

Banyak minyak menyebutkan berbagai OEM pada botol, yang paling umum di Inggris adalah VW, MB atau BMW tetapi jangan disesatkan untuk berpikir bahwa Anda membeli minyak atas karena ini.

Perusahaan Minyak mengirim minyak mereka ke OEM untuk mendapatkan persetujuan, tetapi beberapa spesifikasi yang lebih tua mudah dicapai dan dapat dilakukan dengan minyak mineral termurah. Spesifikasi yang lebih baru selalu lebih mutakhir dan kualitas / kinerja yang lebih baik daripada yang lebih lama.

Beberapa spesifikasi OEM lama tercantum di sini dan tergantung pada tingkat kinerja mobil Anda sebaiknya diabaikan jika Anda mencari minyak berkinerja tinggi berkualitas:

VW – 500.00, 501.00 dan 505.00

Nanti spesifikasi seperti 503, 504, 506 dan 507 lebih baik berkinerja lebih up to date minyak

MB – 229,1

Nanti spesifikasi seperti 229,3 dan 229,5 lebih baik tampil lebih up to date minyak.

BMW – LL98

Nanti spesifikasi seperti LL01 dan LL04 lebih baik berkinerja lebih up to date minyak.

AKHIRNYA

Di atas adalah panduan paling akurat yang dapat saya berikan tanpa terlalu banyak kedalaman tetapi ada satu nasihat terakhir mengenai pelabelan.

Pernyataan tertentu dibuat yang tidak berarti dan hanya uraian pemasaran, berikut adalah beberapa yang harus dihindari!

Disarankan untuk digunakan di mana …..
Dapat digunakan di mana spesifikasi berikut berlaku …..
Disetujui oleh ……….. (tetapi tanpa kualifikasi)
Direkomendasikan / Disetujui oleh (beberapa orang terkenal, dukungan ini dibayar untuk)
Formula Racing / Track (tetapi tanpa bukti pendukung)
Juga waspada terhadap pernyataan seperti “campuran sintetis” jika Anda mencari minyak sintetis sepenuhnya karena ini hanya akan menjadi semi-sintetis.

Seperti segala sesuatu dalam hidup, Anda mendapatkan apa yang Anda bayar dan semakin murah minyak, semakin murah bahan dan menurunkan tingkat kinerja.

Kunjungi informasi spesifikasi Oli untuk info lebih lanjut

Iklan